Peradaban Inca (500-1532 M)


    a. Letak dan Kondisi Geografis
               
Kekaisaran Inca terletak di wilayah Peru, yaitu sekitar Danau Titicaca dekat Pegunungan Andes. Pendirinya adalah Manco Cacap, yang dianggap sebagai putra dari dewa matahari. Bangsa Inca kemudian mengalami perkembangan. Sejak tahun 1200 M, mereka mendiami Cusco, yang wilayahnya membentang dari Quito di sebelah utara, sampai ke Cile di selatan. Bangsa Inca tinggal di daerah-daerah tinggi, hal ini sesuai dengan system kepercayaan mereka bahwa semakin tinggi tempat mereka tinggal, semakin dekat mereka dengan tempat tinggal para dewa.
  
  b. Kondisi social-politik
               
 Bangsa Inca menerapkan system federal yang terdiri dari pemerintah pusat dengan Cusco sebagai ibu kotanya dan empat wilayah, atau suyu yang terdiri dari Chinchaysuyu, Antisuyu, Kuntisuyu, dan Qullasuyu. Keempat sudut dari empat wilayah ini bertemu ditengah, yaitu kota Cusco. Itulah sebabnya mereka member nama pada imperium mereka sebagai Tahuantinsuyu atau Land o The Four Quarters, yang artinya daerah yang meliputi empat wilayah. Suyu ini diperkirakan terbentuk sekitar tahun 1460 selama pemerintahan Pachacuti. Pada masa pemerintahannya sekitar tahun 1468 M, bangsa Inca telah menguasai daerah-daerah disekitar Cusco yang sekarang lebih dikenal dengan nama Peru, Bolivia, Argentina utara, Cile dan Ekuador. Wilayah Inca membentang dari utara ke selatan, melewati pegunungan Andes, yaitu dari kolombia sampai ke Cile, sedangkan dari bagian timur ke barat  dari Atacuma ke Hutan Amazon yang lebat. Kejayaan Inca berakhir ketika dikuasai bangsa Spanyol di bawah pimpinan Francisco Pizzaro pada tahun 1521. Saat itu tercatat bangsa Inca diperintah oleh Attahualpa sebagai kaisar yang terakhir.
  
  c. Kehidupan budaya
    
 - Sistem kepercayaan dan agama
               
 Bangsa Inca dikenal sebagai bangsa yang religious. Dibekas wilayah kekuasaannya banyak ditemukan tempat pemujaan. Para ahli sihir menduduki posisi yang tinggi dalam masyarakat karena mereka dianggap mampu memberikan perlindungan dari roh-roh jahat. Mereka menyemabah dewa bumi yang bernama Pachamama dan dewa matahari Virachocha. Bangsa Inca percaya raja-raja yang memerintah Inca memiliki hubungan genealogis (keturunan) dengan dewa matahari. Terdapat upacara yang disebut capacocha yaitu upacara memberikan kurban anak-anak kepada para dewa dengan satu keyakinan bahwa anak-anak yang mereka kurbankan ini akan masuk ke dunia para dewa dan tinggaal bersama mereka.
 
   -Ilmu pengetahuan dan teknologi
                
Banyak situs bangunan istana dan kuil pemujaan di willayah Cusco menunjukan bangsa Inca telah memiliki kemampuan untuk membuat bangunan dalam bentuk yang besar dan megah. Kompleks bangunan Inca yang terkenal adalah Machu Picchu, yaitu terletak di pegunungan Peru. Dari tata letak danarsitekturnya, Machu Picchu diperkirakan merupakan sebuah kompleks hunian suku Inca dan kini menjadi salaha satu atraksi wisata utama di dunia. Suku Inca diduga membangun  Machu Picchu pada 1430 dan selesai 30 tahun kemudian namun, kurang dari seratus tahun kemudian mereka meninggalkan kompleks itu. Menurut hipotesa peneliti pengungsian masal dari Machu Picchu disebabkan adanya wabah cacar sebelum datangnya penjajah Spanyol. Dalam kgiatan pertanian mereka telah mengembangkan semacam sebuah laobratorium yang disebut Moray yang dimaksudkan untuk mengembangkan varietas yang cocok di tanam  di dataran tinggi Andes. Mereka juga mengembangkan persawahan dengan system terasering, yaitu sistem persawahan yang disusun bertingkat-tingkat untuk menahan banjir.Selain itu mereka juga telah menggunakan bajak pengolah tanah yang dibuat dari perunggu.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Nikmati Serunya Bermain Tembak Ikan Online Di Agen Terpercaya!
    Raih Keberuntungan & Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah..
    Yuk Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita. club

    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    WA: +6281377055002
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus