Peradaban Maya (300 M-1500 M)


    a. Letak dan Kondisi Geografis
               
                 Bangsa Maya menempati wilayah Mexico Tengah. Mereka terkenal sebagai bangsa yang cerdas, karena dapat menciptakan system pemerintahan yang terorganisasi dengan baik. Kekaisaran maya pada masa kejayaannya (250-900 M) membentang dari utara, yaitu dari Semenanjung Yukatan di Meksiko, sampai di Peten, Guatemala. Kekaisaran maya mencangkup banyak Negara merdeka seperti Palenque,Copan,Tikal,Chichen,Itza, dan Uxmal.
   
   b. Kondisi social-politik
                
             Mampu menciptakan pemerintahan dengan system kekaisaran. Setiap kota yang berada dalam wilayah kekuasaan selalu memiliki pemimpin sendiri. Mereka juga mendirikan tempat pemujaan bagi para dewa. Persembahan kurban manusia merupakan bagian dari ritualnya. Tak jarang manusia yang dikurbankan itu dimakamkan dalam kuil tersebut yang umumnya berbentuk mirip piramida di Mesir.
   
   c. Kehidupan budaya
       
- Sistem kepercayaan
               
                  Ritual kepercayaan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan bangsa maya. Mereka menyembah Dewa Jaguar,atau dewa kucing yang dianggap sebagai penguasa dunia arwah dan symbol keberanian dalam peperangan. Bangsa maya juga menyembah banyak dewa lainnya seperti Itzamma, yaitu dewa tulisan yang berwujud campuran antara manusia dan kera.
     
 -Ilmu pengetahuan dan teknologi
                
         Bangsa maya telah memiliki kemampuan dalam bidang astronomi. Mereka menciptakan dua system penanggalan. Yaitu kalender tahunan dengan jumlah 365 hari per tahun yang dihitung berdasarkan revolusi, dan penanggalan yang hanya berjumlah 260 hari yang mereka gunakan sebagai kalender suci. Disebut kalender suci karena ditujukan secara khusus untuk meramal, seperti menentukan hari yang tepat untuk sebuah upacara penting, seperti pernikaham dan kelahiran. Kalau anak dilahirkan pada hari yang dianggap silal,upacara pemberian nama akan ditunda kehari yang dianggap baik. Hanya para pendeta yang dianggap memiliki kemampuan untuk menggunakan kalender ramaln itu.Bangsa maya merupakan bangsa pertama di Amerika yang menggunakan huruf hieroglif untuk menulis. Mereka menulis pada buku yang terbuat dari kulit kayu,memahatnya pada bangunan makam dan pada tiang-tiang batu. Suku maya memiliki kemampuan medis yang mengagumkan. Kesehatan dan praktik penyembuhan dalam suku maya adalah gabungan yang sangat kompleks antara pikiran, tubuh,agama,ritual dan ilmu pengetahuan. Praktik penyembuhan suku maya dilakukan oleh orang yang memilikim kemampuan yang disebut shamans. Shamans adalah dukun atau orang yang dapat menjadi penghubung antara dunia nyata dan dunia arwah. Beberapa tumbuahn yang digunakan bangsa maya untuk menghilangkan rasa sakit adalah: peyote, tembakau,beberapa jenis jamur dan tanaman jenis lain yang menghasilkan efek seperti alcohol yang dikonsumsi orang zaman sekarang.Orang-orang maya mempunyai kebiasaan berolahraga, yaitu bermain bola yang sudah dilakukan sekitar 3000 tahun sebelum masa kedatangan Columbus ke benua Amerika. Lapangan yang dipakai suku maya dapat dipakai untuk beragam kegiatan seperti pertunjukan music,ritual keagamaan, dan tentu sja permainan bola. Permainan bola orang maya disebut pitz dan pemainnya disebut ti pitziil. Olahraga ini menggunakan bila sebesar ukuran bola voli sekarang, terbuat dari karet tebal dan berat.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar